Penjelasan Lengkap Tentang Ekonomi Manajemen

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang ekonomi manajemen. Artikel ini menjelaskan tentang pengertian ekonomi manajemen, prinsip dasar ekonomi manajemen, dan sifat serta permasalahan ekonomi manajemen. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Ekonomi Manajemen

Pengertian Ekonomi dari Para Ahli

Pengertian ekonomi menurut Amwal adalah cabang ilmu yang mempelajari cara penentuan keputusan efektif untuk mengelola sumber daya yang tersedia dalam rangka pemenuhan kebutuhan pada individu dan juga masyarakat.

Sedangkan menurut Drs. M. Manulang ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari usaha masyarakat usahanya dalam mencapai kemakmuran.

Pengertian Manajemen dari Para Ahli

Manajemen disebut sebagai ilmu pengetahuan yang dapat memahami mengapa & bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia. Ekonomi manajemen terfokus pada istilah manajemen. Berikut istilah manajemen menurut ahli:

Drs. M. Manullang, berpendapat bahwa manajemen yaitu :
“Seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu “.(M Manullang, Manajemen Personalia, Edisi revisi, Ghalia Indonesia, 1981, hal 10-11)

Pendapat ahli lain, yaitu Prof. Oie Liang Lee, menyatakan bahwa manajemen adalah:
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan“. (Basu Swastha, DH dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Ekonomi Persuahaan Modern, Edisi Revisi, Liberty, Yogyakarta, hal . 5).

Pengertian Ekonomi Manajemen Sebagai Kesimpulan dari Para Ahli

Dari pendapat para ahli yang telah dipaparkan di atas maka dapat diambil kesimpulan tentang pengertian ekonomi. Pengertian ekonomi manajemen, dianggap sebagai ilmu & seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Manajemen memiliki kegiatan/aktivitas memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, serta juga mengembangkan. Ekonomi & manajemen adalah sektor yang memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan selalu berkaitan.

Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen

Terdapat tiga (3) dasar ekonomi manajemen antara lain:

1. Teori ekonomi

Prinsip dasar ini digunakan untuk memprediksi dan menjelaskan tingkah laku ekonomi. Ilmu ekonomi yang dimulai dengan model untuk menggambarkan atau menjelaskan kejadian. Selain itu juga digunakan untuk mengidentifikasi berbagai macam faktor yang terdapat didalamnya.

Teori ekonomi terbagi menjadi dua (2) yaitu,

  • Ekonomi mikro, (ekonomi mikro mempelajari tingkah laku ekonomi secara individu)
  • Ekonomi makro, (ekonomi makro mempelajari tingkah laku ekonomi secara agregat melalui hal- hal seperti output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga /harga total).

2. Ilmu pengambilan keputusan dalam ekonomi manajemen 

Pengambilan keputusan diperlukan sebuah perangkat yaitu matematika ekonomi dan Ekonometrik

Kedua ilmu tersebut berguna untuk membentuk dan mengestimasi model pada perilaku optimal suatu perusahaan. Matematika ekonomi ini digunakan untuk membentuk model ekonomi yang dipaparkan dalam ekonomi ekonometrik.

Model ini menggunakan peralatan statistik dalam perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan (postulat: pernyataan yang dianggap benar, sampai ada bukti yang menyatakan bahwa pernyataan itu salah atau aksioma) oleh teori ekonomi yakni untuk peramalan / estimasi.

3. Ilmu administrasi bisnis

Beberapa fungsi administrasi yang harus dikuasai dalam ekonomi manajemen diantaranya adalah Akuntansi, Keuangan, Pemasaran, Manajemen SDM, dan Produksi.
Ilmu tersebut dapat mengatur administrasi berupa pengorganisasian administrasi suatu perusahaan atau proyek yang sedang dikerjakan. Ilmu ini berperan cukup penting dalam ekonomi manajemen.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ekonomi manajemen adalah perpaduan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, serta area fungsional ilmu administrasi bisnis. Dimana ilmu ini membahas mengenai bagaimana interaksi antara satu sama lain dalam organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan secara efisien.

Permasalahan Dalam Ekonomi Manajemen


Prinsip dasarnya ekonomi manajemen disebut juga ekonomi mikro terapan. Hal itu berkaitan bila metode tersebut diterapkan saat proses pengambilan keputusan. Ekonomi manajemen dapat mengembangkan prinsip ilmu ekonomi dalam meningkatkan keefektifan pada saat mengambil keputusan.

Permasalahan yang biasanya muncul dalam proses manajemen ialah perbedaan diantara realita & ekspetasi yang dihadapi oleh seorang manajer.

Pengertian ekspektasi dalam ekonomi adalah harapan atau prediksi tentang seberapa baik perekonomian selama kuartal, tahun atau periode waktu mendatang. Ekspektasi ekonomi ini bisa mencakup ekspektasi inflasi, pertumbuhan produktivitas, pengangguran dan neraca perdagangan.

Permasalahan yang  biasa muncul adalah saat menentukan harga atau keluaran produk sesuai pasar. Adapula kesalahan pemilihan tehnik industri dan teknologi yang digunakan. Selain itu juga kesalahan menentukan jumlah stok (persediaan), pemilihan media promosi dan periklanan, pendanaan.

Begitulah materi ekonomi manajemen yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih. 

Berlangganan artikel via Email:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang Ekonomi Manajemen"

Posting Komentar