Pengumuman hasil Tes SKD CPNS dijadwalkan serentak dapat diakses pada tanggal 23-24 Maret 2020 mendatang. Jika ternyata dinyatakan lolos pada tahap tesebut maka akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tes SKB (Seleksi Kemampuan Bidang). Sesuai dengan tes yang akan diujikan tersebut akan lebih spesifik pada kemampuan yang kita ajukan sebagai formasi. Berbeda dengan Tes SKD sebelumnya yang mengukur kemampuan secara umum.
Jadi untuk tes tahap ini jika kita mengajukan lamaran untuk formasi tenaga pendidik maka tes SKB akan mengukur pemahaman kita dalam bidang pembelajaran. Jadi sebaiknya persiapkan diri sebelum pengumuman saja, walaupun hasilnya masih 50% kemungkinan lolos. Tidak ada ruginya mempelajari materi yang sesuai dengan bidang kita. Justru akan menambah ilmu kita kan?
Nah berikut ini adalah beberapa soal untuk SKB pada bidang keguruan atau pendidik. Materi untuk pendidikannya kurang lebih berjumlah 30 soal dari total 100 soal yang kan diujikan. Bila Pendidikan biologi yang dilamar maka 30 soal untuk soal pendidikan dan 70 soal untuk bidang biologinya. Selamat mengingat kembali memori saat kuliah. :)
1. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan...
a. Sosial-emosional
b. Kognitif
c. Moral
d. Spiritual
Jawaban: a
2. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yan menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan fase-fase pembelajaran...
a. Pada waktu mengajar, Pak Wandi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas
b. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir
c. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan belajar dalam proses pembelajaran
d. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman datu drama sosial kepada siswa.
Jawaban: d
3. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam...
a. Silabus
b. RPP
c. Silabus dan RPP
d. SKL
Jawaban: b
4. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut...
a. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
b. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai komtensi dasar
c. Rpp dibuat oleh guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
d. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan
Jawaban: a
5. Teori belajar yang menyatakan bahwa pembelajaran dipandang bukan hanya sekedar mendapat stimulus dan menghasilkan respon yang mekanistik, tetapi pembelajaran juga melibatkan kondisi mental didalam individu pembelajar yang berhubungan dnegan persepsi, perhatian dan motivasi adalah...
a. insight
b. conditioning
c. connectionism
d. kognitif
Jawaban: d
6. Kemampuan berfikir untuk mengoprasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan objek-objek yang konkrit merupakan ciri kemampuan anak berusia...
a. 0-2 tahun
b. 12-14 tahun
c. 7-11/12 tahun
d. 2-7 tahun
Jawaban: c
7. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan...
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkungannya (sensomotor)
b. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan objek bersifat konkrit (opreasional konkrit)
d. Kemampuan mengoprasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat konkrit (operasi formal)
Jawaban: c
8. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan...
a. Sosial
b. Moral
c. Emosional
d. Kognitif
Jawaban: c
9. Seorang peserta didik mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdaan...
a. Spiritual
b. Sosial emosional
c. Kognitif
d. Moral
Jawaban: b
10. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan...
a. Kognitif
b. Spiritual
c. Sosial-emosional
d. Moral
Jawaban: c
11. Peserta didik telah memiliki moralitas yang benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan...
a. Penalaran interkonvensional
b. Penalaran Konvensional
c. Penalaran pascakonvensional
d. Penalaran prakonvensional
Jawaban: c
12. Individu memndang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral...
a. Konvensional
b. Interkonvensional
c. Prakonvensional
d. Pascakonvensional
Jawaban: d
13. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal...
a. Mengemukakan gagasan
b. Memformulasikan tindakan
c. Mengaktualisasikan diri
d. Penciptaan hubungan yang baik
Jawaban: d
14. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat sisiwa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah...
a. Mengulangi kembali bahan yang diajarkan
b. Membantu setiap sisiwa yang mengalaimi kesulitan
c. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
d. memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
Jawaban: b
15. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan atau gangguan belajar dalam hal...
a. Gangguan simbolik
b. Gangguan nonsimbolik
c. Gangguna sosial
d. Kesulitan akademis
Jawaban: a
16. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah...
a. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
b. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
c. Membantu siswa agar dapat mlakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
d. membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
Jawaban: b
17. Cara yang paling tepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah...
a. Wawancara
b. Angket
c. Brainstorming
d. Sosiometri
Jawaban: d
18. Sebagai seorang guru yang menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan...
a. Memindah tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
c. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
d. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
Jawaban: c
19. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. ketika hasil tes dibagikan, peseta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. Penyadaran peserta didik dalam kesulitan belajar yang dialaminya bersumber pada faktor...
a. Sosial
b. Intelektual
c. Keluarga
d. Kondidi fisik
Jawaban: a
20. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sring hubungan (Bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuat hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah...
a. Humanistik
b. Behaviorisme
c. Konstruktivisme
d. Sibernetik
Jawaban: b
***
20 soal untuk tes SKB bidang keguruan ini mudah-mudahan dapatmemancing ingatan tentang materi saat kuliah lalu. Jika sering berlatih soal akan makin mudah untuk mengerjakan Soal SKB sebenarnya nantinya.
0 Response to "20 Soal dan Jawaban Tes SKB CPNS 2019 Formasi Guru"
Posting Komentar