Semua Hal Penting Seputar OSPEK yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru (MABA)

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK. Program ini merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Bagi peserta didik di tingkat SMP atau SMA kegiatan seperti ini disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Siswa (MOS).

Kegiatan ospek mahasiswa baru
Ospek Mahasiswa Baru

Setiap mahasiswa baru pasti akan melalui program kegiatan satu ini. Sebagai  mahasiswa baru pasti ada perasaan gugup menghadapi ospek. Sangat wajar, sebab cerita-cerita dari senior sebelum-sebelumnya saat ospek akan mengalami peristiwa yang lucu dan konyol yang disebabkan keisengan kakak tingkat. Hal tersebut yang akan menimbulkan banyak pertanyaan karena penasaran. Berikut ini beberapa pertanyaan mahasiswa baru yang akan mengikuti kegiatan ospek.

Berapa lamakah waktu OSPEK?


Lamanya Ospek kurang lebih selama seminggu. Dimulai dengan ospek Universitas yang merupakan keseluruhan dari mahasiswa baru akan dikumpulkan dan diberi pengenalan tentang universitas atau perguruan tinggi dari pihak rektorat. Kemudian ospek Fakultas pada tahap selanjutnya. Jadi tahap ini dilakukan di lingkungan fakultas masing-masing. Pengarahan dilakukan oleh pihak dekanat untuk mengenalkan kondisi lingkungan dan menjelaska kegiatan yang biasa terjadi di lingkungan fakultas. 

Setelah fakultas selesai diperkenalkan, dilanjutkan dengan ospek jurusan dan program studi. Pada ospek program studi ini kita akan mulai merasa akrab. Karena peserta yang semakin sedikit dan memiliki kesamaan. Anggota ospek itu nanti yang akan menjadi teman berjuang kita dalam menuntut ilmu. Kemudian ospek akan diperkenalkan dengan ruang-ruang kampus yang akan kita gunakan sebagai ruang kuliah. Dosen pengampu juga akan mendampingi kita dengan saling mengenal secara umum.

Apa tujuan dari kegiatan OSPEK tersebut?


Kegiatan yang telah dilakukan dari jaman kolonial ini tentu ada tujuan positifnya sehingga dilakukan hingga saat ini. Sebagai mahasiswa baru yang kritis tentu kita harus mengetahui tujuan kegiatan yang akan diikuti. Tujuan dari ospek antara lain:

  1. Mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan kampus dan mekanisme yang berlaku disana.
  2. Masasiswa memahami fungsi dari sarana akademik yang disedikan di lingkungan kampus dengan baik dan maksimal tanpa ragu serta ikut bertanggung jawab dalam merawatnya.
  3. Mempersiapkan mahasiswa baru untuk dapat mengikuti proses pembelajaran di kampus dengan mematuhi peraturan tata tertib dan kode etik mahasiswa yang berlaku di lingkungan kampus. 
  4. Menumbuhkan ikatan persaudaraan diantara civitas akademik untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman.
  5. Memberi pemahaman pada mahasiswa baru tentang tanggung jawab bidang akademiknya dan lingkungan sosial sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Membiasakan mahasiswa baru untuk saling berinterasi dan cepat beradaptasi antar mahasiswa.

Lalu apakah fungsi dari kegiatan OSPEK tersebut?


Fungsi dari kegiatan ospek ini sangat banyak dan sangat diperlukan bagi mahasiswa baru. Berikut ini diantaranya sebagai:

  1. Pengenalan mahasiswa baru memasuki lingkungan perguruan tinggi yang akan berbeda kegiatan belajarnya dibanding saat di sekolah lanjutan, sebagai fungis orientasi.
  2. Membiasakan mahasiswa berkomunikasi antar civitas akademik atau pegawai administrasi kampus, sebagai fungsi komunikatif.
  3. Pemahaman mahasiswa baru dengan aturan, norma, dan tata tertib yang berlaku di kampus, sebagai fungsi normatif.
  4. Pengembangan kemampuan intelektual, bakal, minat dan kepemimpinan mahasiswa, sebagai fungsi akademis.

Kemudian apa saja yang perlu dipersiapkan untuk OSPEK yang lancar?


Dalam melaksanakan kegiatan awal ini tentu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan mahasiswa demi terlaksananya kegiatan ospek lancar dan menyenangkan. Berikut kami berikan poin-poinnya agar kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

Bangun Pagi dan Mempersiapkan kebutuhan sejak sehari sebelumnya


Kegiatan ospek ini salah satunya dilakukan untuk melatih kamu disiplin terhadap waktu. Jadi jangan buat nilai kamu buruk pada poin ini ya. Persiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk sepanjang kegiatan yang akan diikuti, minimal untuk setiap harinya harus sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya.

Dengarkan Pengumuman dan Instruksi Senior Dengan Baik


Arahan mahasiswa senior akan selalu disampaikan kepada kita. Berkaitan dengan hal apa saja yang diperlukan untuk kegiatan ospek. Jadi kita harus memerhatiakan instruksinya dengan baik, bila perlu tuliskan dalam buku catatan untuk memudahkan kita untuk mempersiapkan sebelum kegiatan dilakukan keesokan harinya.

Jangan sampai melakukan kesalahan saat ospek nanti, karena senior pasti sudah menyampaikannya dengan jelas. Jika terjadi kesalahan maka kemungkinan besar kita adalah penyebabnya. Bila kesalahan kita lakukan maka senior pasti akan memberikan peringatan dengan suara yang sedikit lantang pada kita sebagai teguran dan melatih mental.

Ramah Pada Senior dan Berteman Dengan Baik


Dalam melaksanakan ospek yang tujuannya adalah pengenalan lingkungan kampus, maka kita akan selalu terlibat dengan mahasiswa senior. Baik senior atau kakak tingkat yang menjadi panitia ospek atau juga yang bukan. Selalu menyapa lebih dulu jika bertemu dengan kakak tingkat akan membuat kita dikenal sebagai adik tingkat yang ramah dan sopan.

Ciptakan penilaian kamu dengan senior sebagai mahasiswa baru yang tidak sombong tapi juga tidak bersikap berlebihan seperti terkaku mencari perhatian. Bertindak sewajarnya saja, sopan dan ramah pada senior. Jika kita dicap sebagai maba yang sombong biasanya malah menjadi objek incaran mereka.

Selain itu juga harus saling berteman dengan sesama mahasiswa seangkatan. Karena kita akan menjadi teman sekelas atau juga bisa disebut teman seperjuangan. Momen ospek ini juga akan membuat tali persaudaraan makin erat, jadi jangan sampai kamu sia-siakan untuk mendapat teman sebanyak-banyaknya. Bila kita mempunyai teman, maka kegiatan ospek kita akan bisa dilakukan dengan saling membantu dan melengkapi.

Sarapan Pagi dan Membawa Bekal Makanan


Salah satu tugas senior pada kita pasti membawa bekal yang akan kita makan bersama-sama di jam istirahat. Jangan sampai untuk mempersiapkan makanan yang tahan sampai dimakan di siang hari. Karena kegiatan yang padat memang mengharuskan kamu untuk mengisi tenaga di jam istirahat.

Makan pagi atau sarapan dahulu sebelum berngkat menuju kampus. Persiapkan tenaga penuh untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ospek. Jangan sampai kamu tumbang karena perut kosong selama melaksanakan tugas ospek.

Selalu Fokus dan Teliti Dalam Mengikuti Kegiatan OSPEK


Banyaknya cerita tidak menyenangkan saat melaksanakan ospek tentu membuat sedikit cemas. Tapi tidak prlu khawatirkan tentang hal ini. Ospek saat ini berbeda dibanding dulu yang terkesan bebas. Kegiatan ospek saat ini sangat diperhatikan dan diberi peraturan yang sangat ketat. Jadi budaya perploncoan atau bully dengan kekerasan baik verbal maupun fisik akan sangat dilarang. Ancaman untuk pelaku kekerasan saat ospek adalah dikeluarkan dari sekolah bahkan diberi sanksi pidana.

Jadi kamu bisa mengoreksi sendiri dengan selalu fokus dan teliti pada setiapa kegiatan ospek yang kamu jalani. Jika kamu merasa aneh dan mengacu pada tindak kekerasan maka jangan segan untuk kompak dengan teman satu angkatan dan menegur senior. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari sesuatu yan berbahaya dan sangat dihindari.

Kerjakan Tugas dan Jalani Dengan Tenang Serta Bahagia


Jika diberikan tugas senior maka jangan sampai lupa untuk mengerjakannya. Jangan mengundang untuk menjadi objek yang perlu didisiplinkan oleh seniormu. Dan hal yang paling penting harus kamu lakukan adalah melaksanakan seluruh kegiatan dengan tenang dan bahagia. Jika kamu lakukan dengan senang hati maka tidak akan terasa lelahnya. Jadikan momen ini sebagai pengukir cerita menarik yang akan kamu kenang nanti saat mengobrol berbagi pengalaman selama ospek. Hal itu pasti sangat menarik saat dikenang dan tidak sedikit akan menjadi hal yang lucu.

***

Itulah kira-kira Hal yang perlu diperhatikan mahasiswa tentang ospek sebagai kegiatan awal di perguruan tinggi. Semoga setelah mendapat pencerahan dari artikel ini, kamu tidak gugup lagi menghadapi ospek ya.

Berlangganan artikel via Email:

0 Response to "Semua Hal Penting Seputar OSPEK yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru (MABA)"

Posting Komentar